Friday, April 17, 2020

Menjadi Versi Terbaik dari Diri Kita

Jadi diri sendiri via freepik.com

Hari ini kembali melanjutkan membaca buku Atomic Habit-nya James Clear. Ada banyak insight baru yang didapatkan dari buku tersebut. Tidak ingin membahasnya terlalu detail saat ini, namun ada satu hal yang ingin saya bagikan yaitu mengenai "Menjadi Versi Terbaik Diri Kita".

Kemarin saya menulis mengenai menjadi diri sendiri, dimana kebanyakan kita sering sekali dihantui oleh perasaan membandingkan diri kita dengan pencapaian orang lain. Bersyukur saja tidak cukup. Menjadi diri sendiri pun tidak cukup.

Pagi tadi secara tidak sengaja melihat postingan dari Bang Andreas Senjaya, CEO Igrow dan Badr Interactive mengenai ini.



Menjadi versi terbaik diri kita adalah terus berprogress membuat diri kita lebih baik dari sebelumnya, dari hari kemarin, dari sebulan yang lalu. Dengan begitu kita hanya akan berfokus pada apa yang sudah dilakukan, apa yang perlu dilakukan ke depannya agar lebih baik lagi. Akhirnya kita lupa untuk membandingkan diri kita dengan orang lain.

Saya setuju sekali dengan pernyataan tersebut.

Lebih jauh, menjadi versi terbaik dari diri kita membuat kita untuk terus bergerak dan bebenah untuk memperbaiki diri menjadi insan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Satu hal yang perlu diingat, bahwa kita tidak sedang berlomba-lomba dengan orang lain. Kita hanya sedang berlomba dengan diri kita sendiri agar menjadi lebih baik. Karena tiap orang punya versi terbaiknya masing-masing.

Kembali ke buku Atomic Habit, dengan membentuk kebiasaan yang terus secara kontinyu dilakukan akan menuntun kita pada versi terbaik diri kita. Menurut James Clear, versi terbaik dari seseorang akan menuntut keyakinan-keyakinan baru atau perbaikan-perbaikan baru di setiap harinya.

Kita tak pernah tahu di titik mana kita telah sampai di versi terbaik dari diri kita. Yang terpenting adalah terus berprogress hingga waktu sendiri yang akan memberitahu bahwa kita sudah menjadi yang terbaik untuk diri kita sendiri. Yuk, berproses menjadi versi terbaik diri kita masing-masing!


Bagikan

Jangan lewatkan

Menjadi Versi Terbaik dari Diri Kita
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.