Monday, March 16, 2020

Cerita Pengalaman Mengikuti Kelas Inspirasi Bekasi 6!

Suasana Kelas 6 SDN Sukahurip 03
 Setelah sekali mengikuti Kelas Inspirasi Jakarta 6 sekitar 3 tahun lalu, Awal Februari lalu iseng mendaftar Kelas Inspirasi Bekasi setelah melihat postingan salah seorang teman dekat. Tak disangka dinyatakan lolos, padahal merasa mengisi form pendaftaran seadanya. Seorang teman yang memberitahu ternyata tak lolos.
 
Awalnya sempat ragu apakah akan melanjutkan hingga hari inspirasi atau tidak.
 
Hari itu, 1 Maret saat ada jadwal briefing di Pusat Grosir Cikarang aku mengubah agenda untuk ke kegiatan lain yang kebetulan saat itu lebih dibutuhkan yaitu mewakili Teens Go Green untuk mengisi materi di sebuah acara komunitas.

Tak lama menjelang sore, seseorang memasukkan namaku di grup kelompok dan seorang yang menjadi fasilitator juga menghubungiku. Awalan yang agak lambat dalam diskusi di grup karena fasilitator pun tidak seperti sebelumnya. Waktu yang kami punya pun begitu singkat hanya berselang 2 pekan dari waktu briefing ke hari inspirasi.

Akhirnya aku mengajukan diri untuk membantu kebutuhan desain di kelompok. Bagiku, itulah bentuk support paling real tanpa harus banyak terlibat dalam diskusi. Grup yang awalnya belum saling kenal pun jadi lebih cair dan ramai dengan diskusi.

---- 
Keceriaan bersama siswa kelas 6 SDN Sukahurip 03

Alhamdulillah, kemarin Kelas Inspirasi di SDN Sukahurip berjalan lancar. Rasanya terbayar melihat senyuman dan keceriaan anak-anak. Mereka antusias sekali mengikuti setiap sesi yang diajarkan.

Kebetulan saya mengajar kelas 2 dan kelas 6 bareng kak Olyvia yang sekarang kerja di Kominfo dan kak Sifa yang saat ini kerja sebagai Auditor Halal.
 
Aku membawakan materi untuk mengenalkan lingkungan kepada anak-anak yang diajar, mulai dari mengenal lingkungan sekitar, kenapa harus menjaga lingkungan hingga mengenalkan sampah kepada mereka dengan bermain games pilah sampah organik dan non-organik.

Menangani kelas 2 ternyata cukup butuh ekstra tenaga, selain jumlahnya yang lebih dari 50 di satu kelas, suara pun harus keras sejak awal sehingga sudah habis di 15 menit pertama. Di menit-menit terakhir Aku dan kak Olive kehabisan ide ingin melakukan aktivitas apa lagi karena suara yang sudah habis juga anak-anak yang sudah tidak fokus untuk belajar. Akhirnya mereka kita minta untuk menggambar menghabiskan sisa waktu mengajar.

Kelas 6 di SDN Sukahurip 03 yang kutemui kemarin hampir tak ada kendala. Mereka antusias dengan materi yang diajarkan, pun tak malu jika harus diminta untuk maju ke depan kelas.

Siswa SDN Sukahurip 03 secara kemampuan sama dengan anak Kota kebanyakan, mungkin hanya akses pada kesetaraan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dimulai dari guru-guru yang berkualitas, ruang kelas yang nyaman serta akses pada sumber-sumber pengetahuanlah yang membedakan mereka dengan anak-anak sekolah di kota besar.

Jangan pernah menyerah untuk bermimpi, Adik-adik. Tiada Batasan Tuk Menggapai Impian!

Terima kasih untuk kakak-kakak Relawan KI Bekasi 6 di SDN Sukahurip3. Terima kasih kesempatan nya Kelas Inspirasi Bekasi 6.

Kesempatan yang luar biasa bisa bertemu dan mengenal Kakak-kakak inspirator, anak muda yang peduli pada pendidikan melalui kegiatan kerelawanan seperti ini. Sampai jumpa di kesempatan lainnya!

Bagikan

Jangan lewatkan

Cerita Pengalaman Mengikuti Kelas Inspirasi Bekasi 6!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.