Monday, February 5, 2018

Mengalami Masalah dengan ATM Setoran Tunai BNI, Jangan Panik!

Apakah Anda pernah punya pengalaman bermasalah dengan ATM Setoran Tunai BNI?

Kali ini saya akan membagikan pengalaman ketika bermasalah dengan ATM Setoran Tunai BNI yaitu uang yang kita setorkan tidak masuk ke rekening dan ATM mendadak eror. Adanya ATM Setoran tunai memang memudahkan kita sehingga tidak perlu harus ke kantor cabang untuk deposit uang cash yang kita punya. Apalagi, jika jadwal kita sangat padat.

Sayangnya, kejadian seperti uang yang kita setorkan tidak masuk ke rekening, ATM yang mendadak eror dan masalah lainnya membuat kita akan berpikir dua kali terhadap hal ini. Terutama bagi mereka yang pernah mengalami kejadian serupa, seperti saya.

Sebelumnya, saya akui ATM setoran tunai BNI memang sangat membantu. Transaksi yang saya lakukan tak pernah menemui kendala. Hingga akhirnya kejadian tak terduga itu datang.

----
Sekitar tiga pekan lalu, tepatnya pertengahan Januari 2018 saya melakukan transaksi dengan ATM Setoran Tunai di Galeri ATM BNI Perpustakaan UI Depok (bersebelahan dengan KCU BNI UI Depok). Seperti biasa, dengan diantar seorang teman berbekal kartu ATM dan uang cash yang rencananya akan didepositkan ke tabungan BNI.

Saat itu kondisi ATM cukup sepi.

Tanpa pikir panjang, saya segera melakukan transaksi di ATM Setoran Tunai BNI. Bagian deposit uang terbuka, saya memasukkan sejumlah uang pecahan 100ribuan. Saya pikir kondisi uang saya baik-baik saja tanpa ada yang kelipet. Biasanya ATM akan menolak uang yang kelipet.

Mesin melakukan proses penghitungan uang. Jumlahnya sesuai dengan yang saya masukkan. Saya proses transaksi. Mesin memproses. Namun, tidak seperti biasanya setelah transaksi tersebut mesin akan menanyakan kembali perintah ingin melanjutkan transaksi atau tidak, melainkan mesin mengeluarkan kartu ATM saya. Tidak ada kertas bukti transaksi yang keluar.

Saya pikir transaksi saya sudah selesai. Karena masih ada uang pecahan 50ribuan yang ingin saya depositkan. Saya kembali memasukkan ATM dan mengecek saldo terlebih dahulu. Taraaa.... transaksi saya sebelumnya belum tercatatkan di  rekening. Saya coba lakukan setoran tunai, ternyata tempat deposit uang tidak juga terbuka. Mesin malah menampilkan pesan eror.

Saya cukup panik saat itu. 

Berkali-kali saya memasukkan kartu ATM kembali, mencoba menarik uang. Tetap tidak bisa. Saya pun keluar Galeri ATM dan menemui satpam yang berada di kantor cabang BNI. Beliau menyarankan untuk telepon BNI Call di 500046.

Sembari melihat kondisi ATM. Dari luar sekilas tampak normal ATM Setoran Tunainya tanpa terlihat eror. Ada orang lain yang mencobanya, ternyata muncul pesan eror juga.

Saat itu, saya tidak membawa HP ataupun dompet sebagai identitas. Saya memutuskan segera pulang untuk menelepon ke BNI Call. Di perjalanan pulang ada hal-hal yang saya cukup sesali karena kepanikan yang saya alami.

Pertama, saya lupa mencatat nomer seri ATM. Biasanya terletak di bagian bawah dengan tempat keluar uang. Kedua, saya lupa untuk minta tolong ke Pak Satpam untuk memberikan peringatan Eror di mesin ATM. Ketiga, saya lupa melihat nama Pak Satpam yang berjaga tersebut sebagai saksi. Keempat, tidak ada bukti transaksi berupa kertas yang keluar dari mesin ATM.

Di lain pihak, akal sehat saya meyakinkan bahwa rekaman CCTV sedikit banyak akan membantu masalah ini.

----
Saya menelepon BNI Call. Sesuai saran Pak Satpam, segera tekan 01 untuk dialihkan berbicara dengan CS. Tak berapa lama seorang CS melayani.

Saya menceritakan kejadian detailnya, apa yang saya alami, memberitahukan waktu kejadian, nilai yang saya depositkan, pecahan uangnya, lokasi ATM yang digunakan, hingga nomer rekening yang saya gunakan. Saya pun memberikan informasi kalau ATM menjadi eror setelah kejadi yang saya alami tersebut.

Satu hal yang membuat saya bingung adalah lokasi ATM. Sepertinya database yang digunakan belum diupdate terlihat dari lokasi cabang BNI UI yang masih berada di Balai Sidang UI.

Dari laporan tersebut, saya diberitahukan bahwa proses penyelesaian selama maksimal 14 hari kerja (sabtu, minggu dan hari libur tidak dihitung), atau sekitar 3 pekan. Saya juga diberikan nomer laporan agar bisa dicek kembali apabila masalah tersebut telah selesai. Kabarnya akan ada notifikasi SMS apabila masalah tersebut telah selesai.

----
Saya juga mencari informasi di dunia maya terkait kejadian yang mungkin orang lain alami. Dari Kaskus saya mendapatkan keyakinan bahwa BNI akan mengembalikan uang tersebut. Biasanya dalam 5 hari kerja. Tapi, ada juga berita di Jawa Pos dengan kasus serupa tidak kembali uangnya. Hal ini membuat saya semakin hopeless.

Malamnya, usai maghrib saya kembali mendatangi galeri ATM di Perpustakaan UI. Ajaibnya, ATM Setoran tunai kini kembali normal. Saya pun menemui Pak Satpam yang tadi sore mengetahui kejadian yang saya alami. Sembari melihat nama yang tersemat di seragamnya, beliau menyarankan saya untuk mendatangi BNI besok pagi. Saya pun mengiyakan.

Dari BNI pun, pihak CS menyarankan saya untuk menunggu selama maksimal 14 hari kerja. Beliau juga menyarankan untuk mencoba kembali menelepon BNI call seminggu setelah laporan untuk menanyakan progressnya.
----

Tujuh hari kerja setelah kejadian saya menelepon kembali BNI Call. Hasilnya: Laporan saya masih dalam proses. Saya sudah mengikhlaskan seandainya tidak balik uang yang saya depositkan tersebut. Biarlah menjadi pelajaran ke depan untuk lebih berhati-hati.

Akhir Januari ketika saya iseng ingin menarik uang di ATM, saya melihat saldo di ATM agak janggal. Saya pun mengecek via internet banking. Benar saja, ada sejumlah uang masuk. Akhirnya... selesai sudah ketidapastian selama ini. Kog, tidak ada pemberitahuan via sms? atau ke-skip?

Saya hanya ingin bilang : Terima Kasih BNI sudah mengembalikan kepercayaan saya sebagai nasabah untuk kesekian kalinya.

Ya, sebelumnya saya juga pernah mengalami kejadian penarikan uang di ATM, namun uang tak kunjung keluar, tetapi saldo sudah terpotong. Di lain waktu saya akan bercerita tentang hal tersebut.

Dari kejadian ini, saya ingin berbagi tips bagi Anda yang sering menggunakan ATM Setoran Tunai agar tidak mengalami kejadian yang sama seperti saya, berikut tips nya :
  • Sebelum melakukan setoran tunai, pastikan bahwa ATM berfungsi dengan baik
  • Setorkan dalam jumlah kecil terlebih dahulu misalnya Rp 50,000. Jangan langsung dalam jumlah besar agar bila terjadi hal yang tidak diinginkan tidak banyak uang yang harus kita tunggu lama kembalinya (apalagi jika uang tersebut sangat kita butuhkan).
  • Jika terjadi hal seperti yang saya alami, jangan panik. Catat no. seri ATM, segera buat laporan ke BNI Call di 500046.
  • Sembari menunggu selama proses penyelesaian masalah, kita harus sabar dan banyak berdo'a. Tahan diri untuk menyebarkan kejadian yang di alami via social media ataupun dunia maya, apalagi media cetak. Dahulukan positive thinking bahwa pihak BNI sedang menyelesaikan masalah kita.
Intinya, pihak Bank juga tidak menginginkan masalah seperti ini terjadi. Apalagi kebanyakan ATM Setoran tunai dikelolah oleh vendor sehingga untuk menyelesaikan masalah seperti ini akan butuh proses yang tidak mudah. 

Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang mengalami masalah serupa! :)


Tags :

bm
Created by: Bambang Sutrisno

Lelaki biasa penggiat lingkungan dan kepemudaan. Sedang menumbuhkan arti proses, konsistensi, dan kebermanfaatan dalam hidupnya.

39 komentar:

  1. Berapa lama mas uang kembali di refund ke rekening kita.saya baru mengalami nya kmaren tgl 23 sept 2019 .uang sYa tertelan 4jt pecahan 50 ribu.samapai skrg belum balik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas apakah saat ini udh balik? Saya barusan begitu soalnya

      Delete
  2. saya juga kena jebakan betmen ini juga, 800 ribu ini..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga 800 rb ini udh 5 hari tp blm masuk juga. coba saya tunggu sampai 14 hari apakah sudah masuk apa blm

      Delete
  3. To Unknown and Yundar: Silakan hubungi pihak BNI langsung mas. Prosesnya gak sampe 2 minggu kog kalo memang benar uang kita tertelan. Mohon untuk tidak mempublikasikan berita mengenai kejadian yang kita alami tersebut selama pihak bank sedang memproses kasus kita.

    ReplyDelete
  4. Jdi proses pengaduannya hanya via call bni saja, atau mas nya datang langsung ke bank bni nya?

    ReplyDelete
  5. Kejadian diatas yang bapak alami, saya alami hari ini. Kejadiannya setor tunai 5 juta dan tidak masuk ke saldo kita, bahkan bukti transaksi juga tdk ada krn tdk keluar. Perkiraan waktu itu dikembalikan brp hari kerja pak?

    ReplyDelete
  6. To Anonymous dan Sharon : Silakan telp BNI Call Center saja dan ceritakan kejadiannya. Nanti operator akan membuatkan laporannya. Biasanya proses berlangsung 14 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu dan libur). Pengalaman saya di BNI biasanya hari ke-10 atau 11 dana baru balik ke rekening kita, beda banget dgn Bank sebelah yang bisa lebih cepat dari itu.

    ReplyDelete
  7. Gimna cara nya saya setor tunai uang masuk mesin tapi saldo gak masuk tung bantuan nya pak.bos

    ReplyDelete
  8. saya sejak tanggal 2 agustus uang saya setir tunai juga ndak masuk sampai sekarang.dijanji akan dikembalikan tgl 21.tapi sekarang sudah tanggal 24.junlahnya lumayan juga 8 juta 800 tibu.giman fong bank bni.capek sy nunggu dan itu pembayaran utang saya.yang ada saya di kejar kejar.kayaknya saya sudah menangus darah.mungkin bagi bank bni uangnya ndak seberapa.tapi bagi saya sangat banyak sekali.tolong kemvalikan uang saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lapor ke bank BNI langsung ya pak, saya disini hanya berbagi pengalaman. Semoga cepat selesai...

      Delete
  9. Assallammualaikum..
    Tgl 17/9/2020 saya juga mengalami setor tunai BNI ternyata tdk masuk rekening, call BNI dg keterangan 14 hari kerja?

    Untuk pihak terkait khususnya Bank BNI tolonglah untuk memberikan perhatian lebih trhdp mesin atm setor mandiri.

    Bukan cuman 1 atau 2 orang, bayangkan jika dlm 1 hari terdapat puluhan ratusan bahkan ribuan nasabah se indonesia, brp jumlah uang yg sudah masuk tp tak masuk ke rekeningnya ?

    Sedang sebena

    ReplyDelete
  10. Sedangkan nasabah sangat memerlukan dana itu, bagaimana ?
    Nasabah hanya dapat penjelasan akan diproses dan kembali dalam waktu 14 hari, bukan mempermudah tapi malah memberikan kesulitan.
    Membiarkan nasabah gelisah menunggu uang nya sendiri kembali.

    Untuk pihak terkait khususnya BANK BNI tolonglah lebih diperhatikan, mungkin bagi kalian uang itu tak seberapa tapi bagi yg bener bener lagi memerlukan itu sangat berarti tak memandang seberapa besar dan kecilnya.

    Tp dilihat dari besar nilainya ingin digunakannya/kepentingannya.

    Maksud hati setor mandiri BNI akan mempermudah tapi ternyata kebalikannya, sangat kecewa.

    Uang mau dipakai hari itu juga malah harus menunggu 14 hari?

    ReplyDelete
  11. Saya sudah menungu 1 bulan lebih 1 minggu masih proses dan proses

    ReplyDelete
  12. Saya juga baru mengalaminya td sore ....sangat di sesalkan padahal uang nya lg buat penting bnget

    ReplyDelete
  13. Sya setor tunai di bni perkiraan 4 jt an tapi lupa persis nominal nya berpa...kira2 klo lupa nominal bisa balik ngk ya uangnya..?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana mas apakah bisa di klaim di BNI nya ? Saya juga setor tunai tetapi lupa nominalnya

      Delete
  14. Saya baru ngalamin pa gimana nih
    Barusan saya stor tunai uang udah masuk tapi langsung eror
    Tapi keluar struk
    Tulisannya
    TERJADI MASALAH HARDWARE PADA TRANSAKSI SETORAN TUNAI ANDA. MOHONCEK SALDO REKENING ANDA ATAU HIBUNGI BNI CALL

    NO SERIAL :
    NO KARTU
    CURRENT TIME
    CRM ID

    TRUS SAYA HATUS GIMANA PA MOHON BNTUAN NYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. To Unknown : Wah ternyata banyak yaa yang mengalami hal ini baru baru ini. Saya juga baru hari ini ngalamin hal tersebut. Bisa gak yaa duit itu balik? Dana yang saya setor itu, dana mendesak yang mau saya pakai dalam waktu dekat ini😭, mana bulan ini banyak liburnya pula, bisa bisa 14 hari kerja setara 2 bulan😭. Mohon untuk pihak BNI harus lebih prihatin masalah ini. Dalam waktu kurang dari satu tahun udh puluhan laporan yang sama seperti ini😭. Kualitas pelayanan CDM nya harus diupdate setiap hari biar tidak ada lagi kejadian seperti ini. Niat memudahkan, malah meresahkan dan menyusahkan.

      Delete
  15. Sy barusan setor 400 rb. Keluar struk terjadi mslh komunikasi. Saldo tdk nambah. Knp bni jd kyk gini yah pelayanan nya. Sgt mengecewakan.

    ReplyDelete
  16. Barusan saya habis setor Tunai BNI juga 1.550.000 dan bukti struk sempat keluar juga tp waktu sy cek kembali, ternyata di saldo rekening tabungan tidak ada jumlah transferan yang masuk. Mohon solusinya harus gimana iya 🙏

    ReplyDelete
  17. Barusan saya juga ngalamin habis setor tunai uang ketelan tapi tidak masuk disaldo debet dan struk yg keluar terjadi maslaah di headware mohon periksa saldo .
    Ini bagaimana ya solusinya padhal uangnya cukup sekitar 3 .750 ☹

    ReplyDelete
  18. Saya baru saja mengalami nya, apakah harus hubungi BNI Call agar uang bisa kembali atau akan kembali setelah 14 hari kerja tanpa harus membuat laporan.

    ReplyDelete
  19. 25/04/21 barusan mengalami dan jumlahya lumayan besar telp bni hanya di suruh nunggu 14 hari tetapi sudah muncul struk hardwere eror trus sebagai konsumen kita harus gimana kan itu uang uang kita sendiri

    ReplyDelete
  20. Beberapa hari yg lalu sy jg mengalami , tepatnya 26 mei, tapi sama satpam yg jaga langsung di tindak lanjuti, dengan minta foto kopi ktp, fotokopi kartu atm, dan struk dari mesin atm yg menyatakan mesin sedang mengalami kesalahan komunikasi, esoknya kata satpam yg jaga langsung di serahkan ke cs, hingga hari ini blm ada kejelasan lagi, kata satpamnya tinggal cek aja lewat atm,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus gimana itu udah diganti belum sampe skrg ? Saya baru Semalem begitu duit saya tertelan tapi ga masuk rekening

      Delete
  21. Apakah yang tertelan uang nya itu kembali pak/buk?

    ReplyDelete
  22. Bukannya mempermudah nasabah ini malah mempersulit, waktu menunggu 14hari kerja,
    Kapok setor tunai lagi di bni ketika ada problem di persulit

    ReplyDelete
  23. Saya 6 November 2021 juga mengalami masalah yang serupa terjadi masalah komunikasi setor tunai, apakah uang bisa kembali yah? sudah menghubungi call center tp disuruh menunggu 14 hari :(( sedih sekali pelayanannya terlalu lama jika uang yang tertelan digunakan untuk keperluan mendesak :((

    ReplyDelete
  24. Sama saya juga ke telen 450ribu mana uangnya mau dipake buat THR, hadeh nunggu 14 hari dah ini. Semoga ada hasil nya udh ngehubungin 1500046 juga dan buat laporan. Semoga berhasil amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak mau nanya, apa uangnya udah kembali masuk ka rekening kaka? soalnya saya juga baru banget ngalamin hal yang sama

      Delete
  25. Iya kenapa ya alasanya ga jelas

    ReplyDelete
  26. Sama saya juga ngalamin jadi kapok saya ga lagi lagi setor tunai lewat Atm

    ReplyDelete
  27. Dan sy skarang juga mengalami, di tgl 7 Desember 2022 di hari Rabu, dan sy udah bikin laporan, dan di suruh nunggu 7-14 hari kerja, posisi sy skarang panik bngt:), uang modal usaha juga 😭,

    ReplyDelete

Connect