Sebuah Perjalanan Pembelajaran.
sebagai pengingat diri

Kerja Praktek di Indonesia Power Suralaya


Liburan terakhir selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini akan aku habiskan untuk mengikuti kerja praktek. Kerja praktek sendiri termasuk salah satu mata kuliah wajib yang harus diselesaikan. Sebagai engineer di bidang elektro, sebenarnya kerja praktek bisa dilakukan di berbagai perusahaan industry, karena sejatinya kerja praktek adalah wadah untuk mengenal dunia kerja sekaligus untuk memperdalam pemahaman konsep lebih nyata lagi seperti yang sudah dipelajari selama perkuliahan.

Sebagai mahasiswa elektro, PLN dan sejenisnya menjadi incaran untuk tempat kerja praktek. Apa yang terbayang selama ini terhadap kerja praktek mungkin adalah bahwa kita akan melakukan pekerjaan seperti orang kerja, nyatanya tidak. Saat kerja praktek, kita akan dibimbing oleh seorang mentor yang akan mengajarkan kita banyak hal, mengenalkan kita terhadap objek yang mereka kuasai sesuai perusahaan tempat kita kerja praktek.
Kerja Praktek kali ini, aku targetkan untuk merasakan kerja praktek di perusahaan pembangkitan. Sebenarnya PLN DisJaya dan Tangerang ataupun unit transmisi PJB Gandul yang menawarkan kerja praktek di bagian transmisi. Tentunya, kita tak akan direpotkan dengan keadaan harus menggunakan safety shoes ataupun helmet. Kerja praktek pun cukup nyaman, memakai kemeja rapi seperti layaknya orang kantoran. Namun, ada yang kurang. Kebanyakan, teori listrik selama ini lebih banyak dipelajari tentang bagian pembangkitannya. Di sini kita akan melihat secara langsung proses memproduksi energy listrik dari bahan bakunya. Selain itu, kita juga akan melihat secara lebih dekat bentuk generator, motor listrik, trafo, turbin, dll. Mungkin selama ini hanya melihat gambarnya dari internet atau buku saja.

Oke, balik ke topik. Dengan idealitas tersebut, aku dan dua orang teman memilih perusahaan pembangkitan sebagai tempat kerja praktek. Ada beberapa pilihan PLTP Dieng ataupun Indonesia Power, namun sepertinya Indonesia Power Suralaya lebih fleksibel. Akhirnya kami, dengan rekomendasi dari salah satu dosen mengajukan surat permohonan KP di sana. Menunggu. Hingga surat balasan itu tiba. Alhamdulillah. Dan Januari ini kami akan menghabiskan liburan terakhir sebagai mahasiswa dengan kerja praktek di Indonesia Power UBP Suralaya.

----

Tips

Bagi yang ingin mengajukan kerja praktek di Indonesia Power Suralaya ataupun di tempat lainnya, sebenarnya persyaratannya cukup mudah dan hampir sama. Berikut rinciannya :
1. Pastikan SKS sudah mencukupi untuk mengajukan kerja praktek. Kalau di Elektro UI sks minimal 90 untuk bisa dibuatkan surat pengantar dari jurusan.

2. Tentukan tempat yang akan kita tuju sebagai tempat kerja praktek. Cari data tentang alamat dan nomer kontaknya. Bisa searching di Google.

3. Buat surat pengantar dari Jurusan. Biasanya dengan melampirkan transkrip nilai. Prosesnya Cuma sehari. Kalau di Elektro UI, biasanya saat akan membuat surat pengantar, kita sudah harus tahu alamat perusahaan yang akan kita tuju. Satu surat pengantar bisa untuk 2-3 orang mahasiswa.

4. Sembari menunggu surat pengantar, siapkan proposal kerja praktek. Bisa minta senior. Biasanya ini hanya formalitas.

5. Kirim berkar kerja praktek ke perusahaan yang kita tuju. Biasanya dilampirkan juga transkrip nilai, CV, foto kopi KTM serta proposal kerja praktek. Pengiriman bisa melalui pos ataupun datang langsung. Untuk datang langsung, sangat disarankan jika memungkinkan jarak dan waktunya. Kalau tidak bisa, tidak usah dipaksakan. Biasanya dengan datang langsung, kita akan lebih tahu proses di sana dan apa saja yang kurang.

6. Menunggu surat balasan dan follow up terus (jika sudah memegang no. CP nya)

Aku dan teman-teman, menunggu hampir 6 bulan. Mungkin karena waktu itu baru mengajukan saat bulan juni, dan meminta untuk bulan juli. Makanya lama. Kalau untuk kerja praktek di Suralaya, sebenarnya tidak hanya untuk mahasiswa Elektro. Mahasiswa Mesin, Industri juga bisa. Bahkan, mereka memiliki peluang yang lebih besar karena sedikit yang mendaftar. Kalo untuk bidang listrik, mohon bersabar untuk menunggu.

Oya, di Indonesia Power Suralaya mereka membuka kesempatan Kerja Praktek setiap bulan. Meskipun di kampus dibatasi minimal 21 hari, tapi dari mereka dibatasi maksimal sebulan, soalnya banyak yang mengantri. Biasanya awal bulan masuk dan akhir bulan selesai.

Sedikit cerita tentang awal mula KP di Indonesia Power Suralaya. Semoga Bermanfaat. Amin.
Bambang Sutrisno Bambang Sutrisno Author

12 comments:

  1. salam elektro!
    saat ini saya jg ingin mengajukan lamaran kerja praktek di indonesia power suralaya.
    mw nanya, proposal KP dikirimkan kemana ya mas?
    Mohon arahannya mas.
    Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proposal bisa dikirimkan lgsg k alamat IP Suralaya. Alamatnya bs dicri di web IP.

      Delete
  2. mohon info untuk tempat tinggal yg dekat dg pltu mas, saya akan kp d pltu suralaya, blm tau daerah dsana bgaimana....trimakasih

    ReplyDelete
  3. Hai kaak kebetulan aku juga anak elektro, taun depan insya Allah baru praktek industri. Deg-degan banget padahal masih lama hahaha
    Btw disana kaka ngapain aja? Terus ditempatin dibagian apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Novianti, waktu disana banyak hal yang bisa dilakukan. Anak elektro biasanya akan ditempatkan dibagian unit pemeliharaan. Disitu kamu akan belajar bagaimana maintenance dari mesin2 listrik di pembangkit, pemeliharaan berkala dan juga ketika ada gangguan. Soalnya waktu KP disana sempet 1 site mati total, dan org2 di bagian saya KP sibuk semua... Hehe

      Tapi sebenarnya kita juga bisa pelajari hal lain klo emg ingin meneliti lebih lanjut dan dijadikan laporan kayak di bagian Batubara nya, limbahnya, dll.

      Delete
  4. Halo kak, saya mau tanya. Saya sudah coba hubungin pihak indonesia power tp selalu tidak ada ditempat. Mau tanya kak, jd syarata untuk kp disana yg tertera di blog itu aja ya kak? Ga ada yang lain lagi? Terus ada cp indonesia power yang bisa dihubungin? Terimakasih mohon bantuannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo poppy, syaratnya standar aja sebenarnya. Kamu bisa hubungi pak cutaria lgsg, beliau yang mengkoordinir untuk ku disana (jika belum ganti). Nomernya bisa saya PM mgkn ya.

      Delete
  5. Kak mau nanya, syaratnya bisa dibeberkan di blog ga? Misal IPK, jumlah anak, dll. Boleh minta CP-nya juga? Makasih kak.

    ReplyDelete
  6. kak maaf boleh minta CPnya juga ga,soalnya semester ini saya KP, dan masih binggung kp dmna,trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fasya Ahmad, saya kurang tahu apakah masih Pak Cutaria yang mengurus masalah Kerja Prakter di Suralaya. Mungkin kamu bisa browsing lgsg ke website Indonesia Power UBP Suralaya, telepon kesana dan minta disambungkan ke bagian kepegawaian(atau ke Pak Cutaria). Berkasnya bisa dikirimkan via pos terlebih dahulu saja meliputi CV, proposal KP dan Surat pengantar dari Jurusan/kampus. Nanti biasanya dari pihak sana akan menghubungi kita apakah akan available atau tidak. Kalau penuh akan ditawarkan pada waktu yang available. Tks

      Delete
  7. assalamualaikum wr.wb, mas bambang, boleh minta CP nya pak Cutaria, buat tanya seputar Kerja praktek disana, terimakasih, Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, M. Syafii, saya kurang tau apakah nomernya masih aktif atau tidak dan beliau masih kerja disana atau tidak. Sebaiknya kamu hubungi ke bagian kepegawaiannya lgsg saja. Nomernya tertera di website Indonesia Power UBP Suralaya. Tks.

      Delete

Mari Kita Mulai Perubahan dari diri kita sendiri!

Google+ Badge

Follow by Email

Popular Posts