Sebuah Perjalanan Pembelajaran.
sebagai pengingat diri

Green Day SMPIF Al-Fikri


Pendidikan Lingkungan di Sekolah tak lepas dari peran Guru sebagai pendidik. Itulah yang coba diterapkan di SMPIF Al-Fikri, Depok. Setiap tahunnya, sekolah ini memiliki suatu acara bertajuk “Green Day” dimana pada acara tersebut siswa akan belajar lebih dalam mengenai isu-isu lingkungan terkini.

Pada 22 Oktober 2012, Yayasan Kehati diundang untuk mengisi sesi Green Day hari kedua di SMPIF Al-fikri. Acara hari itu bertajuk “How much Carbon do you use?”. Teens Go Green sebagai salah satu komunitas binaan Yayasan Kehati mendapat kesempatan untuk ikut serta memfasilitasi Green Day hari itu.

Fasilitasi dari Yayasan Kehati diwakili oleh teman-teman Teens Go Green. Sebuah Video berjudul “Friends for River” menjadi suguhan pembuka yang akan mengantarkan para siswa ke sesi materi dan diskusi selanjutnya. Secara alamiah, manusia memang mengetahui tempat yang layak untuk dipilih. Itulah sekilas testimoni para siswa setelah menyaksikan video. Mereka lebih memilih sungai yang berada di hulu yang masih bersih, airnya jernih dibandingkan sungai di kota yang sudah tercemar, penuh dengan sampah.

Sayangnya, hal itu tak lantas menghadirkan pemahaman dalam diri manusia untuk bertindak. Itulah yang terjadi kini. Manusia kota yang hidup dalam lingkungan kotor, kumuh masih saja tidak memiliki kepedulian untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

Setelah video, paparan mengenai sampah yang memenuhi sungai di Jakarta, terutama Styrofoam. Sungai Ciliwung menjadi saksi bahwa sampah tipe ini sangat tidak ramah untuk kelestarian ekosistem sungai. Antusiasme peserta yang notabene anak-anak menginjak usia remaja sangat tinggi.

Suguhan terakhir, Teens Go Green memaparkan tentang kegiatan tahunan yang saat ini sedang dijalankan yaitu Ajang Kreasi: The Journey of Teens Go Green. Acara hari itu ditutup dengan gembira. Mereka anak-anak luar biasa yang kelak menjadi penerus bangsa. Semoga materi pendidikan lingkungan hari itu bisa membuat perubahan dalam diri setiap anak agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Bambang Sutrisno Bambang Sutrisno Author

Total Pageviews

Google+ Badge

Follow by Email

Instagram

Popular Posts