Tuesday, September 15, 2015

Catatan Supermentor 8 : 10 Pesan Hidup Dino Patti Djalal untuk ketiga anaknya


Sabtu lalu, di tengah padatnya agenda menyempatkan diri untuk hadir di sebuah forum anak muda yang cukup menginspirasi : Supermentor. Sudah sejak beberapa episode saya dan teman-teman menyempatkan untuk hadir di forum ini, merehatkan tubuh sejenak untuk mendengarkan cerita penuh inspirasi yang dibagikan di tiap episode nya.
Berbeda dengan episode sebelumnya, acara Supermentor 8 kali ini dikemas cukup padat. Hal ini dikarenakan diadakannya Supermentor 8 ini sebagai perayaan untuk Pak Dino Patti Djalal yang memasuki usia ke-50 tahun. Beliau menyebutnya “A half of the Century”. Supermentor kali ini tidak menghadirkan banyak pembicara yang penuh inspiratif seperti sebelumnya, tetapi pesan yang disampaikan oleh Pak Dino cukup mewakili untuk dijadikan intisari dari Supermentor 8 tersebut.
Pak Dino menyampaikan 10 pesan hidup untuk ketiga anaknya, Alexa, Keanu dan Chloe. Beliau banyak bercerita tentang pengalaman hidupnya hingga ia menjadi seperti sekarang.
Berikut adalah 10 pesan yang beliau sampaikan :

1. Everybody has something extraordinary inside
Kita ini special. Belajarlah untuk meyakini bahwa kita ini special, berbeda dari yang lain. Setiap orang memiliki bakat dan kelebihannya masing-masing. Jangan pernah samakan diri kita dengan yang lainnya.
2. Add Value++ to your workKita tak akan pernah mendapatkan pekerjaan yang sempurna, tetapi kitalah yang membuat pekerjaan itu menjadi sempurna. Belajarlah untuk menambahkan nilai plus dari pekerjaan yang kita lakukan.
3. Learn how to get things doneSetiap pekerjaan yang kita terima dari atasan kita adalah fase pembelajaran untuk kita. Belajarnya untuk mulai menyelesaikannya. Tidak meremehkan hal-hal kecil dalam pekerjaan kita. Ada saatnya kita akan mendapatkan pekerjaan yang besar tatkala kita telah mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil yang datang kepada kita.
4. Positive energyEnergi positif membuat kita memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu di luar batas kemampuan kita. Yakinilah dan selalu berpikir positif dalam segala hal.
5. You cannot change the world, but you can change your worldKita tak akan pernah bisa mengubah dunia, tetapi kita bisa memulai untuk mengubah orang-orang di sekitar kita. Mulailah dari lingkungan terdekat kita untuk kita ubah dengan hal-hal positif yang kita yakini.
6. How power really is changingMereka yang memiliki pengaruh dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan bisa melakukan perubahan sesuai dengan kapasitas masing-masing. Belajarlah untuk meyakini bahwa kita bisa melakukan perubahan dimanapun kita berada.
7. Nurture the humanity inside of youKita sebagai manusia memiliki rasa kemanusiaan. Cobalah untuk mengasah rasa kemanusiaan yang mengusik naluri kita. Jangan pernah menutup mata atas setiap tragedy kemanusiaan yang terjadi.
8. Speak up, push back, stand up, step upAda saatnya kita untuk bersuara. Ada saatnya untuk kita menekan balik. Ada saatnya kita berdiri tegak, ada saatnya kita melangkah.
9. Don't try to be me, just be a better youKita tidak perlu menjadi orang lain. Belajarlah untuk menjadi diri sendiri. Menjadi yang terbaik dari diri kita.


















Tags :

bm
Created by: Bambang Sutrisno

Lelaki biasa penggiat lingkungan dan kepemudaan. Sedang menumbuhkan arti proses, konsistensi, dan kebermanfaatan dalam hidupnya.

Post a Comment

Connect