Sebuah Perjalanan Pembelajaran.
sebagai pengingat diri

Sudahkah kita Selesai dengan Diri Kita Sendiri?

Selesai dengan diri sendiri
Selesai dengan diri kita sendiri via ilmanakbar.wordpress.com
Aku sedang berdiri di kereta comuter menuju stasiun kota. Waktu masih menunjukkan pukul 9 lebih 20 menit. Tak cukup padat pagi ini. Mungkin sudah banyak yang cuti kerja. Satu hal yang terlintas di pikiran pagi ini,  "Have you done with yourself?

Terkadang kita lupa, kita perlu berhenti sejenak dari rutinitas yang (sungguh) melelahkan, menyita hampir semua waktu yang kita punya. Lalu, kita lupa bahwa diri kita punya hak untuk diperhatikan: mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, istirahat yang cukup, pengembangan diri, ibadah, hiburan, dsb.

"Have you done with yourself?" Aku pernah membaca di sebuah blog bahwa hanya mereka yang telah selesai dengan dirinya lah yang mampu menorehkan prestasi yang cemerlang. Aku sedikit banyak setuju dengan pendapat ini. Mungkin inilah yang terkadang sering kita lupakan. Ketika kita sibuk mengurusi berbagai hal untuk orang lain, sibuk dengan urusan yang bahkan kita sendiri tak tahu untuk apa dan lain sebagainya, apakah kita sudah menyelesaikan tugas kita sebagai seorang manusia secara pribadi untuk diri kita sendiri, apakah orang-orang terdekat kita sudah merasakan kebermanfaatan dari diri kita

Akhir-akhir ini aku merasa sangat kelelahan mengikuti ritme kehidupan yang bergerak cepat. Seakan aku perlu waktu untuk berhenti sejenak. Dari situlah aku menyadari (mungkin) banyak hal yang belum aku selesaikan untuk diriku sendiri. Aku perlu berhenti sejenak, menyelesaikan apa yang menjadi hak diriku untuk segera diselesaikan.
-----

"Have you done with your self?" Terkadang aku merasa kagum dengan orang-orang yang telah selesai dengan dirinya sehingga ia bisa total melaksanakan amanah yang diembannya. Semua tugas yang ia kerjakan nyaris tanpa cela. Tak ada pikiran tak fokus karena terbagi dengan urusan dirinya yang belum selesai.

Kita mungkin selalu bisa menjadi orang yang selesai dengan diri kita, menyelesaikan semua itu lalu menembarkan manfaat untuk sekitar kita. Yang kita perlukan hanyalah managerial waktu yang baik. Lekas selesaikan urusan dengan diri kita sendiri, lalu berbagi kebermanfaatan dengan orang-orang sekitar kita

Sekedar pikiran di pagi ini...
Di Commuter line Depok-Jakarta,
16 Desember 2015
Bambang Sutrisno
Bambang Sutrisno Bambang Sutrisno Author

Total Pageviews

Google+ Badge

Follow by Email

Instagram

Popular Posts