Sebuah Perjalanan Pembelajaran.
sebagai pengingat diri

Belajar Menyetir Mobil bagi Pemula


Belajar bisa dari siapa saja, meskipun dari orang yang lebih muda dari kita.

Kemarin sore, kembali menyempatkan diri untuk belajar menyetir mobil setelah beberapa waktu sempat berhenti. Kembali mulai dari awal karena lupa dengan pelajaran sebelumnya. Jalanan sore di sekitar UI yang sepi menjadi pilihan, meski banyak kekhawatiran.

Ada beberapa hal yang sebenarnya wajib dimiliki saat kita belajar menyetir mobil, yaitu :
  1. Jangan malu untuk bertanya langkah-langkah yang harus dilakukan secara urut
  2. Jangan sungkan untuk bertanya sebab-akibat dan kenapa serta bila hal ini terjadi, bagaimana? Hal ini penting untuk menambah pengetahuan dan trik-trik tertentu saat mengendarai mobil
  3. Tenang dan santai. Sikap ini yang sangat diperlukan saat berkendara. Tenanglah, jangan panik. Dengan bersikap tenang kita akan lebih sadar untuk berkendara sesuai dengan tanggung jawab kita.
  4. Pastikan kita mengecek kondisi kendaraan dalam keadaan baik.



Menyetir mobil kopling prinsipnya sama dengan motor kopling. Selain setir kemudi yang kita arahkan, ada bagian pijakan kaki yang juga memegang kendali dan bagian sebelah kiri setir kemudi.

Di bagian kaki ada tiga pedal pijakan yang harus kita ketahui dan kita ingat.
  1. Bagian paling kanan adalah pedal gas. Kita gunakan kaki kanan untuk menginjak pedal ini. Bagi pemula kita wajib belajar untuk mengontrol pijakan kita pada pedal gas. Tidak perlu terlalu dalam, tetapi cukup menyentuhnya sedikit maka mobil akan bergerak.
  2. Bagian tengah adalah pedal rem. Kita gunakan kaki kanan untuk menginjak pedal ini. Bergantian dengan kaki kanan yang juga menginjak pedal gas. Rem kita butuhkan saat akan berhenti.
  3. Bagian paling kiri adalah pedal kopling. Kita gunakan kaki kiri untuk menginjaknya.



Di bagian kiri setir kemudi, terdapat pengaturan gear dan juga rem tangan. Pengaturan gear dengan menggerakkan tuas gear sesuai dengan arah yang telah ditentukan. Rem tangan digunakan pada kondisi berhenti saat tanjakan.


Di bagian setir kemudi ada dua bagian kiri dan kanan yang masing-masing mengatur mengenai lampu dan wiper. Bagian ini akan kita bahas di kemudian hari.

Sekarang bagaimana kita akan memulai untuk menjalankan mobil? Prinsipnya belajar menyetir mobil lebih aman dibandingkan dengan sepeda motor. Kita tidak akan terjatuh saat menyetir mobil, sebaliknya saat belajar menyetir motor mungkin saja kita bisa terjatuh, bahkan orang yang sudah mahir pun bisa terjatuh.

Setelah mengenal bagian-bagian dari kemudi mobil, langkah selanjutnya adalah mulai belajar untuk menyetir mobil. Berikut langkah-langkahnya (berdasarkan pengetahuan saya saat belajar), yaitu :
  1. Duduk tenang di  kursi kemudi. Pastikan nyaman dan kondisi mobil yang baik. disarankan untuk di tanah lapang yang datar bagi pemula.
  2. Atur posisi gear di bagian normal.
  3. Nyalakan mesin.
  4. Kaki kiri menginjak pedal kopling hingga maksimal.
  5. Masukkan gear. Kita mulai dari gear 1.
  6. Perlahan lepas injakan pada pedal kopling, sembari kaki kanan menginjak pedal gas sedikit.
  7. Mobil akan berjalan. Silakan atur kemudi hingga kita mahir dalam menguasai setir terutama saat akan berbelok.


Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain;
  • Saat kita mendadak berhenti dengan menginjak pedal rem tanpa kaki kiri menginjak kopling maka mesin akan otomatis berhenti.
  • Untuk pergantian gear, maka kaki kiri menginjak pedal kopling secara penuh lalu ganti gear sesuai yang diinginkan.
  • Trik berhenti kemudian jalan yang dibutuhkan saat kondisi macet adalah dengan memainkan pijakan kaki di bagian kopling dan rem. Kaki kiri menginjak pedal kopling sementara kaki kanan menginjak pedal rem.
  • Untuk kondisi berhenti secara mendadak, kita bisa menggunakan trik menurunkan gear ke posisi gear 2 dari gear sebelumnya yang lebih tinggi. Misalkan saat berada di gear 4 kemudian dengan kecepatan tinggi kita ingin berhenti, maka kita pindahkan gear ke posisi gear 2 lalu menginjak pedal rem.


Bagaimana saat kondisi tanjakan? Kita bahan di lain kesempatan ya. :)

Kita lanjut di tahap selanjutnya. Karena tidak perlu buru-buru dalam belajar. Biar lambat asal selamat.


Salam pembelajar,
@bamsutris


Special thanks untuk Angga yang sudah berbaik hati mengajarkan dengan sabar. :)
Bambang Sutrisno Bambang Sutrisno Author

Total Pageviews

Google+ Badge

Follow by Email

Instagram

Popular Posts