Sebuah Perjalanan Pembelajaran.
sebagai pengingat diri

Sebuah Catatan OBM UI 2015 : Belajar Menginspirasi Mahasiswa Baru (Part 1)


Jika dulu, beberapa tahun lalu aku menjadi mahasiswa baru di Universitas Indonesia dan mengikuti kegiatan Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM), maka kini aku aku kembali mengikuti kegiatan OBM, namun bukan sebagai peserta, melainkan fasilitator (istilah yang lebih akrab dan terkesan tidak menggurui dibanding pengajar).

Kesibukan akhir-akhir ini yang memang kurasa cukup membosankan, lalu aku coba untuk keluar dari rutinitas menemui hal-hal baru. Akupun mendaftar menjadi bagian dari fasilitator learning skill (keterampilan belajar) untuk OBM mahasiswa baru UI 2015. Bulan mei lalu sebelum proses OBM kami mendapatkan pelatihan selama dua hari di Fakultas Psikologi dan hal itu sekaligus menambah wawasanku terhadap fakultas yang memang masih kuraba hingga lulus. Pelatihan itu sekaligus mengubah mindset-ku bahwa mempelajari sikap, sifat dan kebiasaan manusia itu menarik. Entah karena selama kuliah jurusanku lebih banyak membahas benda mati atau aku yang memang cenderung bosan akhir-akhir ini.

…..

Berbeda dengan zamanku dulu, OBM kali ini dilaksanakan dua gelombang. Hal ini karena proses seleksi masuk yang jaraknya berjauhan. Aku bertugas menjadi fasilitator penuh di kedua gelombang tersebut. Ada empat kelas yang aku pegang. Setiap kelas akan dipegang oleh dua orang fasilitator. Aku bertugas bersama Berlian, psikologi angkatan 2010. Aku baru kenal berlian saat pelatihan, lalu kami akrab dengan sendirinya.

Sebenarnya Berlian lah yang menjadi tumpuan dalam kelas OBM-ku karena dia kebetulan anak psikologi dan sudah berpengalaman menjadi fasilitator di tahun sebelumnya. Kehadiranku menjadi pelengkap. J Aku sesungguhnya banyak belajar dari kegiatan OBM ini: belajar berbicara, belajar psikologi manusia, belajar menginspirasi.

Ya, aku memulainya dengan belajar menginspirasi. Inilah yang kutulis dalam form pendaftaran yang kukirimkan bahwa aku ingin menginspirasi mahasiswa baru yang kupegang. Lalu tanpa menyadarinya, aku juga belajar untuk latihan berbicara di depan kelas dan juga belajar psikologi manusia. Semua itu seperti satu paket yang tak terpisahkan.

…..
  •  
  •  
  •  
  •  
Bambang Sutrisno Bambang Sutrisno Author

Total Pageviews

Google+ Badge

Follow by Email

Instagram

Popular Posts