Sebuah Perjalanan Pembelajaran.
sebagai pengingat diri

Tribute to Pondokan MAB


“Bambang, subuh!”
“Ky…Rizky, subuh!”
“Tama, Irwan, subuh!”
Begitulah suasana yang terjadi ketika subuh. Ketika mata masih terlelap dan terlena oleh mimpi. Kantuk pun tak terelakkan. Kadang masih terdengar adzan subuh ketika beranjak dari tempat tidur, tak jarang pula terperanjat karena mentari hampir saja beranjak.
Rizky, Tama, Irwan, mereka bertiga lah yang sejak Oktober 2011 lalu tinggal se-rumah bersamaku. Pondokan Mata Air Biru (MAB), begitulah kami menyebutnya. Di Pondokan ini aku menemukan keluarga baru. :D
Pondokan Mata Air Biru (MAB) sebenarnya adalah sebuah program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Mata Air Biru (MAB) berupa tempat tinggal bagi mahasiswa-mahasiswi FTUI yang membutuhkan tempat tinggal atau dengan kata lain membutuhkan bantuan financial terutama tempat tinggal. Yayasan MAB sendiri adalah yayasan yang didirikan oleh alumni FTUI atas dasar untuk memberikan kesempatan berupa beasiswa bagi mahasiswa FTUI. Sebagai alumni, tentunya mereka pernah merasakan bagaimana kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Atas dasar itulah Yayasan MAB hadir sebagai salah satu pemberi beasiswa bagi mahasiswa FTUI baik yang kurang mampu ataupun yang berprestasi.
Yayasan MAB memiliki beberapa bentuk beasiswa selain tempat tinggal seperti beasiswa regular, prestasi, skripsi, dan juga bantuan bagi aktivitas sosial-keilmuan mahasiswa FTUI seperti SEM, Kersos, dll. Pondokan MAB hadir sebagai salah satu alternative tempat tinggal bagi mahasiswa-mahasiswi FTUI. Sebagai mahasiswa, tempat tinggal menjadi hal yang utama untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Adanya tempat tinggal yang dekat dengan kampus memudahkan mahasiswa untuk bisa lebih meng-efisienkan waktu yang dipunya sehingga bisa disalurkan untuk kegiatan lainnya yang bermanfaat. Selain itu, tempat tinggal juga membantu kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan tugas kuliah, terkadang membutuhkan kerja kelompok atau praktikum serta kegiatan yang hingga larut malam.
            Sejak 2009 lalu, ketika aku menjadi seorang mahasiswa baru di FTUI, aku ditawari oleh salah seorang kakak kelas untuk meng-apply pondokan MAB. Waktu itu Pondokan MAB membutuhkan 3 orang putra mahasiswa baru FTUI. Aku menjadi salah satu yang diterima bersama Danu dan Vendri.
            Tahun berganti. Tingkat 1 perkuliahan usai terlewati. Ritme menjadi mahasiswa sudah mulai terasa. Apalagi kesibukan untuk mencoba berbagai organisasi di kampus. Tahun 2010, ketika semester ganjil aku terpilih menjadi Pak Lurah MAB periode 2010-2011(Sebutan untuk seorang ketua MAB) . Tahun itu pula, Yayasan MAB menambah satu unit pondokan yang diperuntukkan bagi mahasiswi FTUI. Sebelumnya, Pondokan MAB memiliki 3 unit pondokan yang terletak di Jalan Juragan Sinda Raya dekat dengan Masjid Al-Furqon.
            Juni 2011 lalu, diadakan Gathering tahunan Yayasan MAB yang turut mengundang Para pengurus Yayasan MAB, penerima beasiswa prestasi juga anak-anak pondokan. Tak lupa pula para alumni yang kini telah sukses dan sempat menerima beasiswa dari Yayasan MAB. Sayangnya, Gathering tidak bisa dilaksanakan setiap bulan lantaran jadwal yang tak memungkinkan. :D
            Di kepengurusan baru pondokan MAB, kini T Ar Rizky menjadi Pak Lurah MAB periode 2011-2012. Lagi, Yayasan menambah satu unit pondokan yang terletak di Belakang Masjid Al-Hikam berkapasitas 4 orang. Kini, total penghuni pondokan MAB berjumlah 19 orang. Mas Andinata di tunjuk sebagai Supervisor Pondokan.
            Pihak Yayasan sebenarnya tidak menuntut lebih kepada kami sebagai penghuni pondokan. Namun, sebagai seorang mahasiswa kami sadar bahwa perlu adanya kegiatan-kegiatan pondokan. Sampai saat ini, Pondokan memiliki kegiatan rutin berupa English Course dengan Mr. Sam dan Sharing dengan para tokoh(akan diceritakan di lain kesempatan). Tiap rumah pun memiliki otonomi sendiri untuk mengatur rumah tangganya masing-masing dalam hal kebersihan, kenyamanan serta kerapian pondokan.
            Ke depan, aku yakin, pondokan MAB menjadi alternative pilihan tempat tinggal bagi mahasiswa-mahasiswi FTUI yang membutuhkan tempat tinggal serta sebagai wadah mencetak generasi muda yang prestatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kumpul bersama anak pondokan

Note : Terima Kasih kepada para pengurus Yayasan MAB yang hingga kini tak pernah lelah membagikan senyumnya kepada kami, semoga amal baik kakak-kakak alumni semua dibalas dengan kebaikan berlipat ganda oleh Yang Maha Kuasa.

Best Regards,
Bambang Sutrisno
Electrical Engineering 2009
  •  
  •  
  •  
  •  
Bambang Sutrisno Bambang Sutrisno Author

Total Pageviews

Google+ Badge

Follow by Email

Instagram

Popular Posts