Sebuah Perjalanan Pembelajaran.
sebagai pengingat diri

Resolusi Juara 2012 - Tentang Mimpi, Pengharapan dan Tujuan Hidup

“Bermimpilah, kelak Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”
-Arai, Sang Pemimpi-

Kita hidup di dunia ini tentunya bukan sekedar untuk menghabiskan waktu selama kita hidup, tetapi ada tujuan yang harus kita capai dalam hidup kita. Orang-orang dengan tujuan yang jelas akan mampu menentukan arah hidupnya dibandingkan mereka yang tidak. Tujuan hidup itu penting untuk menentukan kemana arah kehidupan kita akan berjalan.

Tahun 2011, bagi saya adalah sebuah permulaan. Permulaan untuk memulai segalanya. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, yang ada adalah mereka yang tak pernah mau memulai suatu perubahan yang positif.

September 2011 lalu,  saya berkesempatan menjadi salah satu Delegasi Pemuda Indonesia dalam Tunza Internasional Children and Youth Conference on the Environment. Saya mendapatkan banyak hal di sana seperti networking dengan pemuda dari seluruh dunia. Pemuda-pemuda yang sama-sama memiliki minat yang sama di bidang lingkungan.

Salah satu sesi Workshop pada Tunza Conference


Usai mengikuti Tunza, keterbatasan jarak ternyata tak menghalangi saya dan yang lainnya untuk saling bertukar informasi, berbagi pengalaman serta menjalin persahabatan lebih erat. Sekarang ini, akses internet sudah menjamah hampir semua pelosok dunia. Hampir semua pemuda di dunia memiliki akun jejaring sosial facebook ataupun twitter.

Sejak itu, entah mengapa, diri saya begitu aktif untuk senantiasa mengakses internet, kapanpun, dimanapun. Meskipun dengan sarana yang terbatas yaitu menggunakan pulsa handphone atau Wifi kampus. Saya tetap berusaha se-mobile mungkin terutama untuk jejaring sosial. Saya pun semakin tertarik untuk mengikuti berbagai kegiatan kepemudaan. Ingin berpartisi aktif menjadi bagian dalam gerakan pemuda dunia.

Organisasi saya, Teens Go Green yang bergerak dalam isu lingkungan pun sepertinya memuluskan semua yang saya lakukan. Keberadaan anggota kami yang berbeda tempat, membuat kami mencari cara untuk tetap berhubungan, mengadakan rapat se-intens mungkin tanpa terhalang jarak dan waktu. Maka, berbagai fasilitas chat mulai dari chat facebook, google docs, yahoo conference, ietherpad, dsb kami coba. Membuat kami mulai ‘melek’ dengan teknologi internet masa kini.

Kini, 2012. Tentunya ingin membuat pengharapan lebih banyak di tahun ini. Membuat pencapaian lebih besar dibandingkan 2011. Mencatat beragam mimpi-mimpi. Memanfaatkan teknologi internet yang kini menjamah berbagai pelosok dunia.

Jarak kini tak menjadi masalah lagi dalam hal komunikasi. Apalagi, saat ini sudah tersedia fasilitas video call. Saya ingin lebih dekat dan lebih akrab menjalin pertemanan dengan pemuda dari berbagai dunia dengan fasilitas ini. Hal ini juga tentunya akan meningkatkan kemampuan saya dalam berbahasa inggris. Kendala internet terkadang menjadi masalah, namun bukan masalah yang besar.

Juga, video call ingin saya intensifkan sebagai sarana untuk memperlancar komunikasi ataupun rapat dengan teman Teens Go Green. Beberapa kali, saya pernah mencoba fasilitas ini. Ternyata cukup memuaskan.

Adanya akses internet yang tersebar luas membuat waktu kini bukan kendala untuk mengadakan rapat. Saya dan teman-teman Teens Go Green ingin memaksimalkan penggunaan akses internet untuk media rapat online menggunakan video conference, ataupun chat. Bahkan, ternyata fasilitas Google docs, Ietherpad, dan sejenisnya pun memungkinkan kita rapat sembari membuka dokumen yang akan dibahas.

Penyerahan Trophy Teens Go Green Award 2011 secara simbolis.


Pada 2011 lalu, saya pernah sekali diajak oleh seorang teman untuk mengikuti online class tentang Earth Charter. Saya pun mencobanya. Ternyata, di luar dugaan. Teknologi internet kini memungkinkan kita untuk mengadakan class secara online bersamaan dengan fasilitas membuka dokumen yang di bahas, video dan juga chat. Saya ingin lebih banyak lagi di 2012 ini mengikuti online class bersama dengan pemuda-pemuda dari seluruh dunia lainnya.

Jejaring sosial kini menjadi media paling efektif untu melakukan suatu perubahan. Maka, saya bersama Teens Go Green ingin memaksimalkan penggunaan jejaring sosial Facebook dan twitter sebagai media kampanye terhadap isu yang sedang kita angkat yang yaitu #styrofoamnothanks. Dari sini juga, kami ingin memperbanyak penggalangan dukungan kepada masyarakat tentang pentingnya kelestarian lingkungan.

Lainnya, saya ingin menyaksikan langsung lebih banyak lagi diskusi-diskusi penting penentuan kebijakan mengenai isu global seperti pada COP 17(Conference of Partij 17) di Durban, Desember lalu. Saya sempat menyaksikan proses diskusinya melalui video streaming langsung.

Satu mimpi besar lainnya bagi saya di 2012 yaitu saya ingin menerbitkan sebuah buku hasil karangan saya sendiri. Itu mimpi yang sejak lama telah tertulis. Saya ingin mempromosikan buku saya tersebut melalui teknologi internet. Semoga menjadi buku yang menginspirasi seperti Laskar Pelangi. Menginspirasi orang untuk berkarya.

 “Bermimpilah, kelak Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”. Saya suka sekali dengan kalimat ini. Membuat saya ingin terus mencatatkan mimpi lalu mencoba merealisasikannya. Ada perjuangan untuk merealisasikan mimpi-mimpi. Perjuangan yang tak mudah. Mimpi, harapan, target, resolusi, semua itu membuat hidup kita lebih berarah. Membuat kita lebih mengetahui ke mana hidup kita akan melangkah. Tentunya, tujuan hidup yang menanti di ujung sana.

Daftar Visi Hidup 10 tahun mendatang dan bioscetch pada Training of Trainers 2011.
Ini adalah catatan kecil tentang mimpi, harapan, keinginan, resolusi yang ingin dicapai. Saya berusaha merealisasikan itu semua menggunakan teknologi internet. Akses internet yang semakin luas kini membuat hidup menjadi lebih mudah. Tentunya, teknologi internet akan sangat bermanfaat jika kita gunakan sesuai kebutuhan kita dan untuk hal-hal yang positif. Juga untuk mendukung kita menjadi JUARA!

Keep Moving Forward!
Jadilah JUARA!
Tetap Menginspirasi!



  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Bambang Sutrisno Bambang Sutrisno Author

9 comments:

  1. dari beberapa rancangan mimpi sdh berapa persen kah mimpi itu terlaksana?

    ReplyDelete
  2. Semangat menjadi Sang Juara ya! :D
    ACT NOW!

    ReplyDelete
  3. Mala, daftar mimpi itu dibuat seumur hidup. Selama ini, Alhamdulillah sudah banyak yang tercoret. Tapi, seiring berjalannya waktu, ada mimpi-mimpi baru yang tercatat. :D

    ReplyDelete
  4. dari beberapa mimpi yang kamu mau capai ,yang mana yang ingin segera cepat terwujud?

    ReplyDelete
  5. semoga semakin banyak mimpi yg terlaksana yaa kak!
    ACT NOW! dan tetep #styrofoamnothanks :p

    ReplyDelete
  6. ada yang mengatakan aku hidup bagaikan air yang mengalir, lalu apakah kamu termasuk orang yang seperti itu?

    ReplyDelete
  7. kehidupan bagaikan sebuah mimpi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan mimpi-mimpi itu, semoga semua mimpi itu bisa terwjud

    #semangat ka, sukses selalu...

    ReplyDelete
  8. ayooo raih mimpi menjadi agen perubahan :)
    Semangat untuk Menag!

    ReplyDelete
  9. Yo, sama-sama merealisasikan mimpi... :D

    ReplyDelete

Total Pageviews

Google+ Badge

Follow by Email

Instagram

Popular Posts